23 Juli 2020 11:04:00
Ditulis oleh Admin

MUSRENBANGDES Dalam Penyusunan RKPDesa Medalem Tahun 2021

medalem-senori.desa.id - Pemerintah Desa Medalem melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Desa Medalem tahun 2021. Musrenbangdesa Desa Medalem dilaksanakan Rabu siang (22/07) sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kecamatan. 

Seperti biasa undangan dalam musyawarah tersebut adalah seluruh ketua RT, ketua RW, kepala Sekolah yang ada di Medalem, perwakilan dari lembaga - lembaga Desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara tersebut Camat Senori Ir. Suwasis beserta rombongan yang terdiri dari Kasi PMD, Kasi Pemrintahan, PD dan PLD.

Dalam sambutannya Camat senori menghimbau bagi semua yang hadir untuk menyebar luaskan hasil dari Musrenbang tersebut agar tidak ada kebingungan di masyarakat terkait kebijakan - kebijakan pembagunan yang ada di Desa. Lebih detailnya disampaikan oleh Pendamping Desa Sugihato bahwa untuk tahun 2021 pembangunan di Desa difokuskan di pemulihan ekonomi masyarakat namun tidak mengesampingkan pembangunan fisik dengan catatan pembangunan fisik yang ada di Desa tetap harus memperhatikan ekonomi masyarakatnya dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT), dan untuk rencana pembangunan yang belum terealisasi di tahun 2020 karena adanya Covid-19 ini wajib direalisasikan di tahun 2021.

Dalam acara tersebut disampaikan pula Laporan Realisasi APBDEsa Medalem semester 1 tahun 2020 oleh Sekdes sebagai bentuk transparansi anggaran pemerintah Desa Medalem Kepada masyarakat.

Musyawarah Desa yang dipimpin langsung oleh Ketua BPD tersebut menghasilkan beberapa point, diantaranya:

  1. Rencana pembangunan yang tidak terealisasi di tahun 2020 ini menjadi prioritas di tahun 2021 yaitu pembangunan jembatan wisata Sri Wulan, Penerangan Jalan Umum, pengelolaan sampah.
  2. Bedasarkan usulan dari warga dan mempertimbangkan kebutuhan pendidikan maka jalan lingkungan Menuju RA Muslimat NU RT 15 RW 02 dan jalan samping masjid RT 06 RW 01 menjadi perioritas pembngunan fisik tahun 2021.
  3. Pengembangan BUMDES
  4. Menyepakati Tim Perumus RKPDesa tahun 2021

Selain itu disampaikan pula oleh Kepala Desa Medalem dan Ketua BPD Desa Medalem bahwa akan ada pengurangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT - DD yang 3 bulan kedepan karna dianggap aktifitas dan pendapatan sudah mulai normal. Setelah disepakati oleh peserta musrenbangdes musyawarah ditutup do'a oleh K. Sudjudi. rud/mdl



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus